Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis sudah lama dikenal dalam dunia pengobatan tradisional India (Ayurveda) dan juga Yunani Kuno. Memang khasiat kayu manis bagi kesehatan bukan sekedar isapan jempol. Dunia medis modern pun sudah mengujinya melalui serangkaian penelitian yang mendalam. Hasilnya, kayu manis memang ampun mencegah bahkan menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Mulai dari yang ringan hingga yang serius. Biasanya kayu manis yang dijadikan obat tersedia dalam bentuk minyak maupun ekstrak. Jika dikonsumsi secara teratur dan dengan takaran yang tepat, kesembuhan bukan hal yang mustahil. Berikut kami sajikan informasi penyakit apa saja yang bisa diatasi dengan kayu manis ini.
  1. Mencegah dan melawan penyakit diabetes. Salah satu khasiat kayu manis bagi kesehatan yang paling populer adalah keampuhannya melawan diabetes. Dalam Journal of Diabetic Medicine dikatakan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi kayu manis setiap hari mengalami penurunan kadar gula di dalam darah. Takaran terbaik per hari adalah 1 gram selama 40 hari. Jika dilakukan dengan benar maka kadar gula darah akan kembali normal.
  2. Memelihara kesehatan organ jantung. Faktanya, kayu manis memang mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh.Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan kardiovaskular secara menyeluruh. Dengan kondisi yang stabil tersebut, akan berpengaruh positif pada kesehatan jantung Anda.
  3. Mencegah Alzheimer. Berdasarkan penelitian Tel Aviv University, ekstrak kayu manis mampu mencegah terbentuknya flak di bagian otak yang bisa memicu munculnya penyakit ingatan seperti Alzheimer.
  4. Mencegah kanker. Khasiat kayu manis untuk kesehatan lainnya adalah untuk memproteksi tubuh dari potensi kanker. Senyawa yang ada di dalam kayu manis bersifat anti-inflamasi yang bisa juga berperan sebagai anti-kanker. Hal ini sejalan dengan penelitian dari Gwangju Institute of Science and Technology. Mereka menemukan fakta bahwa kayu manis bisa membunuh sel kanker.
  5. Membantu penderita arthritis. Mereka yang mengidap penyakit ini bisa sedikit bernafas legas sebab penelitian membuktikan bahwa sitokin yang menjadi biang rasa sakit pada penderita arthritis bisa ditekan dengan cara mengkonsumsi kayu manis.
  6. Meringankan nyeri saat haid. Manfaat ini sudah identik dengan kayu manis. Bahkan penelitian lanjutan juga membuktikan bahwa kemandulan bisa ditanggulangi dengan kayu manis. Hal ini terkait erat dengan kandungan Cinnamaldehyde yang ada pada kayu manis. Untuk mendapatkan manfaat ini, biasanya kayu manis ditambahkan dengan madu asli.
  7. Melumpuhkan bakteri juga jamur. Kayu manis memang terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri juga jamur. Bahkan bakteri e.coli yang dikenal ganas juga bisa lumpuh dengan kayu manis. Hal ini sejalan dengan penelitian Prof. Daniel Fung, seorang ahli dari Kansas State University.
  8. Menyehatkan pencernaan. Khasiat kayu manis untuk kesehatan yang terakhir berkaitan dengan sistem pencernaan. Kayu manis mengandung serat yang melimpah. Jadi sangat baik bagi pencernaan manusia. selain itu, serat juga bisa membantu memperlancar BAB dan mencegah penyakit semacam sembelit.