Belajar Sedikit Tentang Budidaya Tanaman Kayu Manis

Sebenarnya budidaya tanaman kayu manis di Indonesia telah dikembangkan sejak bertahun-tahun yang lalu secara tradisional. Namun belakangan ini, penanaman kayu manis cukup gencar dilakukan dengan cara yang lebih modern. Hal ini tidak terlepas dari semakin tingginya nilai ekonomis yang dimiliki oleh kayu manis serta khasiatnya yang cukup besar terutama untuk kesehatan manusia.

Untuk menunjang kebutuhan masyarakat dalam pemanfaatan kayu manis, memang diperlukan pola budidaya yang lebih efisien agar produktivitasnya dapat lebih ditingkatkan. Bagi anda yang mungkin berkecimpung di dunia budidaya tanaman, kayu manis mungkin akan menjadi salah satu alternatife pilihan terbaik saat ini. Jika Anda tertarik mempelajari budidaya kayu manis, berikut ini beberapa langkah yang biasa dilakukan secara global :


Budidaya tanaman kayu manis

1.    Penyiapan lahan

Lahan untuk melakukan budidaya tanaman kayu manis sebaiknya terlebih dahulu anda cangkul dengan kedalaman sekitar 20 cm. Lahan yang akan gunakan sebaiknya bebas dari semak dan juga gulma. Dalam membuat lubang untuk penanaman bibit, berikan jarak mungkin 4 x 4 m atau 5 x 5 m.

2.    Penyiapan bibit

Kayu manis dapat diperbanyak dengan biji sehingga anda dapat melakukan pembedengan atau dengan polibek. Biji disemaikan terlebih dahulu dalam tempat khusus kemudian dilakukan pemindahan ketika bibit sudah berusia 1-2 bulan.

3.    Penanaman

Sebelum lubang yang Anda buat ditanami dengan bibit kayu manis, sebaiknya dalam lubang tersebut anda isi dengan pupuk kandang sebanyak 1 kg untuk satu lubang. Namun, jika anda menggunakan polibek dalam pembibitan, sebaiknya anda perlu hati-hati dalam menyobek plastik. Usahakan akar tidak mengalami gangguan ketika proses penyobekan. Pada budidaya tanaman kayu manis proses penanaman, usahakan leher akar tidak tertimbun tanah.

4.    Pemeliharaan

Dalam budidaya tanaman kayu manis, pemeliharaan merupakan hal yang sangat penting karena hal ini menyangkut perkembangan bibit yang anda tanamkan. Perlu anda perhatikan bahwa, untuk setiap hektar lahan yang ditanami kayu manis, perlu dilakukan pemupukan menggunakan urea sebanyak 50kg. Pemupukan ini dilakukan pertama kali saat kayu manis berusia 4 bulan dan dilakukan secara teratur sebanyak 2-4 kali setahun.

5.    Panen dan pascapanen

Panen dapat anda lakukan ketika warna daun dari tanaman kayu manis berwarna hijau tua dan untuk panen pertama dapat anda lakukan ketika usia pohon kayu manis anda 8 tahun. Pemanenan kayu manis dilakukan dengan cara mengerat kulit batang dan kulit ranting dari tanaman kayu manis yang telah cukup umur.

Tahapan di atas merupakan gambaran secara global tentang budidaya tanaman kayu manis. Semoga bermanfaat dan mampu menambah sedikit wawasan kita bersama.